kemsos
Rehabilitasi Vokasional
  1. Jurusan Komputer
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan bagi penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan berbagai macam program meliputi :
    1. Operator : Operating System, Microsoft Office, Operasional printer, Anti virus, Internet;
    2. Computer Technical Support atau CTS : Instalasi PC, Instalasi software, Instalasi jaringan lokal ;
    3. Programmer : Basis data, Algoritma, Visual basic dan Desain web.
  1. Jurusan Penjahitan
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan bagi penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan mengoperasikan berbagai macam mesin kecepatan tinggi (high speed) secara tepat dan aman, merancang berbagai macam pola pakaian pria, wanita dan anak-anak, menjahit sistem tailor maupun industri garment hingga finishing dan pengepakan.
  1. Jurusan Desain Grafis dan Percetakan
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan bagi penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan di bidang grafika, yakni mengoperasikan software desain grafis, (Illustrator, photoshop, indesign, coreldraw) type setting, scanning, melakukan cetak sablon, offset, dan penjilidan.
  1. Jurusan Elektronika
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan bagi penyandang disablitas agar memiliki kemampuan di bidang elektronika, yaitu kemampuan menggulung motor dan trafo, sistem pendingin dan instalasi listrik serta audio video system sensor dan Hand Phone.
  1. Jurusan Pekerjaan Logam
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan bagi penyandang disablitas agar memiliki kemampuan berproduksi dengan menggunakan / mengoperasikan alat / mesin bubut, frais, las busur manual / SMAW, las oksigen-asetilen serta gambar teknik autocad.
  1. Jurusan Otomotif
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lanjutan bagi penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan di bidang otomotif mobil dan motor, sehingga kelayan mengetahui, memahami, dan mampu mereparasi sistem engine group, power train, suspension, electrical, brake, tune-up dan body painting.
  1. Jurusan Contact Center
    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan berbagai macam program meliputi : Inbound (Agent inbound menerima incoming calls) dan Outbond (Melakukan Kegiatan Outbond calls dalam rangka survey, telesales, cross selling) serta memahami Operasional Contact center sehingga memiliki kompetensi yang memadai.
  1. Kurikulum
Program pelatihan vokasional disusun berdasarkan Standar Latihan Kerja (SLK) yang mengacu pada Standar Kualifikasi Keterampilan yang telah ditetapkan oleh yang Menteri membidangi ketenagakerjaan terhadap kurikulum yang berbasiskan kompetensi yang berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) serta berorientasi pada kebutuhan lapangan kerja melalui supervisi, penelitian dan pengembangan Bidang Litbang BBRVPD.

Pelatihan vokasional dilaksanakan sebanyak 1.739 jam, dengan rincian :

Materi Pelatihan Normatif
95
Materi Pelatihan Produktif
1.201
Materi Pelatihan Adaptif
72
Total Materi Pelatihan Normatif + Produktif + Adaptif dan Evaluasi
1.404
Praktek Belajar Kerja ( PBK ) / Magang
335
GRAND TOTAL
1.739
  1. Penjadwalan
Keterangan :
Pendaftaran calon peserta atau penerima manfaat dibuka sepanjang tahun baik mendaftar langsung di BBRVPD, didaftarkan oleh pihak lain maupun melalui pendaftaran online https://bbrvbd.kemsos.go.id/



Untuk Indonesia Lebih Sejahtera

kemsos
BALAI BESAR REHABILITASI VOKASIONAL VOKASIONAL PENYANDANG DISABILITAS (BBRVPD)
KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA
Jalan SKB Nomor 5 Karadenan Cibinong Bogor




bbrvpd_cibinong

bbrvpd cibinong


bbrvpd cibinong